pull down

Minggu, 05 Januari 2014

TIPS MENGUJI KEASLIAN MADU

TIPS MENGUJI KEASLIAN MADU


            Madu yang paling bagus dan efektif untuk digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan adalah madu yang asli atau murni. Sayangnya, madu-madu yang berdear di pasaran adakalanya bukalah madu asli atau murni. Kerena itu, perlu jeli dalam memilih madu yang aslil atau setidaknya memiliki kualitas yang baik ketika membelinya.

            Berikut ini beberapa cara untuk menguji keaslian madu:

1)      Dengan kertas Koran. Teteskan madu ke atas Koran. Lalu balik, bila diraba cepat basah berarti madu kurang baik sebab kadar airnya terlalu tinggi.

2)      Dengan mencairkan ke dalam air. Ambil piring lalu isi air setinggi kira-kira 1 cm lalu tuang 2-3 tetes madu. Biarkan beberapa saat. Madu yang baik akan bercampur dengan air secara merata tanpa timbul bias-bias gula.

3)      Dengan kuning telur. Ambil kuning telur lalu beri 2 sendok madu dan aduk. Jika kuning telur berwarna kuning tua dan strukturnya kental sampai menggumpal itu menandakan bahwa madu yang digunakan baik.

4)      Dengan pengecap.cara ini yang paling dominan dilakukan. Cirinya, madu yang asli biasanya terasa manis, asam, dan pada akhirnya terasa sepat dan juga tidak mudah cair di mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar