pull down

Senin, 06 Januari 2014

teknologi




Linux di Perangkat Mobile Nokia

            Nokia, salah satu perusahaan yang berada pada urutan teratas pasar mobile, akan membuat perangkat yang memiliki fokus pada internet, dan berbasiskan Linux. Linux tidak asing bagi Nokia, karena Nokia sebelumnya pernah menggunakan pada Internet tablet, sebuah perangkat yang mirip dengan telepon, namun memiliki kekurangan pada kemampuan panggilan. Sebagai indikasi namanya, Internet tablet dapat digunakan untuk navigasi web dari mana saja. Kari Tuuti, pembicara Nokia mengatakan pihaknya akan memperluas jangkauan, dan percaya bahwa dengan Linux, Nokia akan berkembang. Internet tablet dari Nokia ditargetkan untuk konsumen yang menyukai teknologi tinggi, dan perangkat ini juga sudah mendukung WiMAX.

            Seperti yang sudah diketahui, Linux bersifat free  dan open source. Linux dapat menjamin sebuah solusi yang dapat berjalan untuk perusahaan seperti Nokia, dan dapat mengurangi pengeluaran biaya produksi perangkat buatan mereka serta dapat menambah kualitas software.

            Nokia bukanlah perusahaan pertama dari dunia mobile yang tertarik pada Linux. Motorola, Samsung Electronics, Vodafone, LG Electronics, dan lainnya telah bergabung dengan aliansi Linux seperti LoMo Foundation, dan konsorsium industri yang mencoba untuk membuat sebuah platform software berbasis Linux untuk mobile solution.

Sumber: INFO LINUX edisi 07/2008                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar