pull down

Minggu, 22 April 2012

softskil

BAB 3. PETA PEREKONOMIAN INDONESIA
A.   Keadaan geografis Indonesia
Indosia merupakan salah satu Negara maritime terbesar di dunia, dimana ssabagian besar wilayah Indonesia diliputi oleh lautan yang luas membentang. Dan Indonesia juga merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Banyaknya pulau akan menjadi kekuatan dan kesempatan bagi perekonomian Indonesia jika dapat diolah dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat banyak.
Indonesia Negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Maka tidak bisa dipungkiri bahwa kekanyaan alam Indonesia menjadi banyak Negara penjajah untuk menguasai kekayaannya.
Dengan kemampuan menggali dan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Indonesia maka banyak produk yang dapat dikembangkan sebagai komoditi perdagangan, baik local maupun internasiaonal. Dengan keindahan alam dan keanekaragaman budaya dapat menjadi sumber penghasilan Negara dalam bidang pariwisata.
Indonesia mengenal dua musim. Dengan kondisi seperti tadi maka menyebabkan beberapa produk hasil bumi dan industry menjadi sangat spesifik sifatnya.
Selanjutnya Indonesia kaya akan barang tambang, seperti minyak bumi yang pernah manjadikan Indonesia memperoleh dana pembangunan yang sangat besar.
Dan Indonesia merupakan Negara yang menepati posisi strategis yakni terletak di antara dua benua yakni australia dan asia dan dua samudra yakni samudra atlatik dan pasifik. Karena itu Indonesia menjadi tempat singgah dan traksaksi antar benua.

B.   Mata Pencaharian
Beberaapa hal tentang mata pencaharian Indonesia:
·         Mata pencaharian penduduk Indonesia sebagian besar masih berada di skektor pertanian.
·         Kontribusi sector pertanian terhadap GDP (gross dosmetic product) secara absolut masih dominan. Namun di di sector lain mengalami penurunan.
·         Yang perlu diwaspadai dalam sector pertania adalah bahwa komoditi yang dihasilkan dari sector ini relatif tidak memiliki nilai tambah yang tinggi.
Dan langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah disektor pertanian, antara lain :
·         Memperbaiki kehidiupan petani dengan pola pembinaan dan pembangunan sarana dan prasananya dibidang pertania.
·         Meningktakan nilai tamnbah komoditi pertanian.
·         Mengembangkan kegiatan agribisnia.
·         Menunjang kegiatan trasmigrasi

C.    Sumber Daya Manusia
Pada masa sebelum orde baru, pertumbuhan penduduk Indonesia masih cukup tinggi. Maka pada saat setelah pemerintahan orde baru pertumbuhan penduduk itu harus dikurangi.
Sebagai salah satu Negara yang masih berkembang, Indonesia memang menghadapi masalah sumber saya manusia, diantaranya:
·         Pertumbuhan penduduk yang masih tinggi.
·         Penyebaran yang kurang merata.
·         Kurang seimbangnya struktur dan komposisi umur penduduk
Pertumbuhan penduduk yang tinggi akan menimbulkan banyak masalah bagi Negara , jika tidsk diikuti peningktan produksi dan efesiensi di bidang lainnya. Banyaknya penduduk akan menambah masalah pada negar, seperti: pengangguran, kemiskinan dsb. Adapun tindakan –tindakan yang dilakukan pemerintah adalah:
1.      Melaksanakan program keluarga berencana (KB)
2.      Meningkatkan mutu sumber daya manusia.
Akibat dari penyebaran penduduk yang tidak seimbang, antara lain:
o   Terjadinya ketimpangan  daerah miskin dan kaya.
o   Daerah menguntungkan akan menjadi serbuan.
o   Daerah tertinggal akan semakin tertinggal.
o   Mengumpulnya tenaga kerja hanya pada daerah tertentu.
o   Persaingan tenaga kerja sangat tinggi.
o   Upah tenaga kerja akan semakin rendah.
o   Timbulnya kesengsaraan, pengguran, dan kemiskinan.
o   Kriminalitas semakin tinggi.
o   Terhambatnya pertumbuhn ekonomi secara nasioanal.
Dan tindakan pemerintah adalah:
1)      Penyelenggaraan program transmigrasi.
2)      Memperbaiki dan menciptakan lapangan-lapangan kerja baru di daerah tertinggal.
komposisi penduduk yang tidak seimbang dapat menimbulkan proses regenerasi kegiatan menjadi tidak lancar. Akibatnya ada masa tunggu yang sebenarnya tidak peelu terjadi, karena kebutuhan hidup tidak bisa menerima istilah tunggu. Langkah-langkah yang akan dan telah ditempuh oleh pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut adalah :
·         Meninjau kembali sistem pendidikan di Indonesia yang masih bersifat umum.
·         Menciptakan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih mendukung.
Adapun sasaran kebijaksanaan tenaga kerja di Indonesia meliputi hal-hal berikut :
·         Memperluas tenaga kerja untuk menyerap pertambahan angkatan kerja baru dan mengurangi tingkta pengangguran.
·         Membina angkatan tenaga kerja baru melalui latihan keterampilan.
·         Membina dan melindungi para pekerja melalui mekanisme hubungan kerja  dan memperbaiki kondisi-kondisi dan lingkungan kerja agar sehat dan aman serta meningkatkan kesejahteraan pekerja.
·         Meningkatkan peranan pasar kerja, agar penyaluran, penyebaran, dan pemanfaatan tenaga kerja dapat menunjang kegiatan pembangunan.
·         Memperlambat lajunya pertumbuhan penduduk dan meningkatkan mutu tenaga kerja melalui usaha pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia.

D.   Investasi
untuk memperoleh suatu pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam proses pembangunan di Indonesia, terkumpulnya modal dan sumber daya sebagai investasi, menduduki peran yang sangat penting.
dalam kondisi tertentu masih sulit untuk mengharapkan dana investasi dari masyarakat. Untuk itulah pemerintah memerlukan dana yang besar dari selisih penerimaan dan pengeluaran /biaya rutin pemerintah. Namun pemerintah tidak dapat terus menerus mengandalkan tabungan pemerintah. Maka diperluakn upaya-upaya tambaha guna membantu memenuhi kebutuhan dana investasi pembangunan, antara lain:
1)      Lebih mengembangkan ekspor komoditi non-migas.
2)      Mengusahakan adanya pinjaman luar negeri yang memiliki syarat lunak, dan menggunakannya untuk kegiatan investasi yang menganut prinsip prioritas.
3)      Menciptakan iklim investasi yang menarik dan aman bagi para penanam modal asing.
4)      Lebih menggiatkan dan menyempurnakan sistem perpajakan dan perkreditan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar