pull down

Minggu, 28 Oktober 2012

pola manajemen koperasi



BAB.6
POLA MANAJEMEN KOPERASI

PENGERTIAN MANAJEMEN DAN PERANGKAT ORGANISASI
Pengertian Manajemen
·         (James A.F. Stoner) Manajemen adalah proses perencanaan, penngorganisasian, pemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
·         (The Liang Gie) manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.
·         (G.R. Terri) manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
·         (Mary Parker Follet) manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
·         (Ensiclopedia of the socil sciences) manajemen adalah proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.
·         Dsb

Pengertian koperasi
       Definisi Paul Hubeert Casselman dalam bukunya”The Cooperative Movement and Some of its Problems” yang mengatakan bahwa: “Cooperation is an economic system with social content”. Yang artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi dengan melandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur social didalamnya.

Pengertian Manajemen koperasi
       Menurut Prof.Ewell Paul Roy, Ph.D mengatakan bahwa manajemen koperasi melibatkan 4 unsur (perangkat) yaitu:
a.    Anggota
b.    Pengurus
c.    Manajer
d.    Karyawan yang merupakan penghubung antara manajemen dan anggota pelanggan

Sedangkan menurut UU No.25/1992 yang termasuk Perangkat Organisasi Koperasi adalah:
a.    Rapat anggota
b.    Pengurus
c.    pengawas

RAPAT ANGGOTA
            Setiap anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Anggota koperasi memiliki hak untuk menghadiri rapat dan menyalurkan pendapat dan saran kepada pengurus dan anggota koperasi juga harus ikut serta mengadakan pangawasan atas jalannya organisasi dan usaha koperasi.
            Anggota secara keseluruhan menjalankan manajemen dalam suatu rapat anggota dengan menetapkan :
·         anggaran dasar
·         kebijakan umum serta pelaksanaan keputusan koperasi
·         pemilihan/pengangkatan/pemberhentian pengurus dan pengawas.
·         Rencana kerja, pertanggung jawaban pengurus dalam pelaksaan tugasnya.
·         Pembagian SHU
·         Penggabungan, peleburan, pembagian dan pembubaran koperasi.

PENGURUS
          Menurut Leon Garayon dan Paul O. Mohn dalam bukunya “The Board of Direction of Cooperaties” fungsi pengurus adalah:
·         Pusat pengambilan keputusan tertinggi
·         Pemberi nasehat
·         Pengawasan atau orang yang dapat dipercaya
·         Penjaga berkesinambungannya organisasi
·         Symbol

PENGAWAS
            Tugas pengawas adalah melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi, termasuk organisasi, usaha-usaha dan pelaksaan kebijakasanaan pengurus, serta membuat laporan tertulis tentang pemeriksaan.

MANAJER
            Beberapa peran manajer adalah:
·         Membuat rencana ke depan sesuai dengan ruang lingkup dan wewenangnya
·         Mengelola sumber daya secara efesien
·         Memberikan perintah
·         Bertindak sebagai pemimpin
·         Melaksanakan kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi

PENDEKATAN SISTEM PADA KOPERASI
            Keberhasilan perkembangan koperasi ditentukan oleh 3 faktor, yaitu:
·         Partisipasi anggota
·         Profesionalisme manajemen
·         Factor eksternal

Menurut Draheim koperasi mempunyai sifat ganda yaitu:
·         Organisasi dari orang-orang dengan unsur eksternal ekonomi dan sifat-sifat social
·         Perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar.

Interprestasi dari koperasi sebagai system
Kompelsitas dari perusahaan koperasi adalah suatu system yang terdiri dari orang-orang dan alat-alat teknik atau disebut socio technological system yang selanjutnya terjadi hubungan dengan lingkungan sehingga dapat dianggap sebagai system terbuka.

Cooperative combine
Adalah system sosio teknis pada substansinya, system terbuka pada lingkungannya, system dasar target pada tugasnya dan system ekonomi pada penggunaa sumber-sumber.

Interpersonal Communication System (ICS)
Adalah hubungan antara orang-orang yang berperan aktif dalam unit usaha anggota dengan koperasi yang berjalan. ICS meliputi pembentukan/terjadi system target dalam koperasi gabungan.

System informasi manajemen anggota
Koordinasi dari suatu system yang ada melincinkan jalannya Cooperative Combine (CC), koordinasi yang terjadi selalu lewat informasi dan dengan sendirinya membutuhkan informasi yang baik.
Manajemen memberikan informasi pada anggota, informasi yang khusus untuk penganalisaan hubungan organisasi dan pemecahan persoalan seoptimal mungkin.
Sumber:
ocw.gunadarma.ac.id/course/...koperasi/pola-manajemen-koperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar