pull down

Senin, 20 Oktober 2014

usaha imitasi


IDE USAHA IMITASI

Usaha imitasi adalah suatu usaha yang dijalankan oleh seorang wirausahawan dengan memulainya dari meniru ide-ide orang lain, meniru barang-barang yang telah dihasilkan orang lain, ataupun meminjam nama hak paten yang telah dimiliki oleh orang lain dalam menjalankan usaha yang serupa.
                Usaha imitasi banyak ditemui di Indonesia, contohnya barang imitasi yang kita kenal dengan istilah KW. Mahalnya harga barang branded asli/original membuat para usahawan mengembangkan ide untuk menciptakan barang yang serupa dengan menggunakan merk yang sama tetapi kualitas di bawah barang aslinya dan hasilnya barang ini sangat digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia, karna dengan harga yang jauh lebih murah mereka mendapatkan barang yang hampir serupa dengan barang brand aslinya.

 Salah satu contoh brand yang diimitasikan.

                Usaha imitasi juga merupakan tiruan dari ide-ide usaha yang sudah ada, baik Meniru teknik, desain, proses, pelayanan, pola pemasaran dll yang sudah ada. Misal: usaha warnet yang mulanya merupakan usaha yang hanya beberapa orang yang menjalankan dengan seiring kebutuhan komunikasi dan internet masyrakat dan pangsa pasar yang masih luas, maka kini banyak yang membuka usaha warnet.

Warnet dibuat senyaman mungkin untuk pengunjung

                Warabala atau franchising juga merupakan salah satu ide usaha imitasi, dimana pemilik warabala memberika izin untuk menggunakan hak intelektualnya, dalam nama, merek dagang, produk, atau jasa dan sistem operasi usaha kepada pembeli warabala. Atas pemberian hak itu, pihak franchisor menerima franchise atau royalty fee atau lainnya dari pihak franchisee.

Salah satu warabala yang banyak dijumpai

                Beberapa usaha imitasi kini masih menjanjikan jika seseorang ingin memulai usahanya. Dengan meniru ide-ide seseorang tidak menutup kemungkinan kita dapat mengembangkan ide-ide tersebut sehingga kita pun dapat menciptakan ide baru dan membuat produk baru. Karna salah satu kunci suksesnya suatu usaha adalah ciri khas yang dihasilkan dari produk yang dihasilkan ataupun pelayanan dan lain-lain.